07
Jan
09

Puasa Asyura

Hayooo, pada tahu gak kalo hari ini tanggal 10 Muharam? Hari ini bertepatan dengan puasa Asyura lho..

Puasa Asyura?? Apaan tuh? Weits tenang say, aku juga baru taunya kemarin kok (wah, tanda² orang belum punya bekal di akhirat nih🙂 ).

Puasa ‘Asyura adalah puasa yang dilakukan setiap tanggal sepuluh pada bulan Muharram. Hukum nya sunnah tapi ada pula yang berpendapat yakni Abu Hanifah bahwa pada awalnya diwajibkan kemudian dihapus.

Puasa Asyura biasa dilakukan oleh kaum Yahudi. Berani bertaruh gak hari ini Israel pasti gak melancarkan gencatannya ke Palestina. Khusus hari ini thok. Kan mereka pada puasa. Kalo puasa kan gak boleh ada peperangan?? Asyiiiik, peace man!!! Coba kalo seterusnya gitu ya???

Nah untuk membedakan dengan kaum Yahudi maka ada hadis yang mengatakan “Puasalah pada hari Asyura dan berpuasalah sehari sebelum dan setelahnya dan janganlah kalian menyerupai orang Yahudi“. So kalo hari Asyura nya jatuh pada tanggal 10 Muharam maka sebelum dan sesudah tanggal itu yakni tanggal 9 atau 11 kudu puasa selain tanggal 10 itu sendiri.

Pasti deh ada yang tanya² dalam hati, kenapa sih kudu puasa pada hari Asyura ini?
Jawabannya karena hari Asyura adalah hari special. Pada hari tersebut terjadi beberapa kejadian yang baik, diantaranya :
1. Selamatnya Musa alaihissalam dan para pengikutnya serta tenggelamnya musuh Allah, Fir’aun beserta kaumnya.
2. Mbah Adam dan Ibu Hawa bertemunya juga pada hari Asyura ini sehingga ada kita² ini lho, cucu² mereka….
3. Begitu juga terjadinya beberapa tanda-tanda kebesaran Allah terhadap makhluknya, sesuatu yang layak untuk di syukuri.

Hmmm, gimana? Dah pada paham belum semua? Aku kemarin dapet materi kuliah subuh tentang Puasa Asyura ini dari Mas Abid lho. Wekekeekek… Pertamanya juga plonga-plongo thok. Baru tau sekarang😛 . But, dia dengan sabar menuntunku menuju jalan yang benar (Emang selama ini nyasar ya jalannya bu? Maklumlah baru beberapa bulan di Gresik belum hapal jalan. Hehehehe…🙂 )


7 Responses to “Puasa Asyura”


  1. January 8, 2009 at 8:30 am

    Kemaren shaum asyura ga mbak?
    Aku mah kelupaan… Tapi bubur merahnya dapet…
    Kunjung balik yaaa…

  2. January 8, 2009 at 9:01 am

    Hehehehe.. lagi libur bro!!
    Belum rejeki kali ya??
    Insyallah tahun depan mo nyoba kalo diberi umur panjang…
    Thank’s dah mampir. Sering² ya!!!

  3. January 8, 2009 at 3:08 pm

    haduh…
    sampe lupa deh ama puasa ini…😦

  4. January 8, 2009 at 3:25 pm

    Se mending Mas sampean lupa. Aku malh baru tau kalo ada puasa ini se kemarin ;P
    Tahun depan ajah, kita puasa bareng yukz..

  5. January 8, 2009 at 6:49 pm

    baru tahu saya juga,makasih ah untuk ilmunya.😀

    salam kenal ya mba.

  6. 6 nA
    January 8, 2009 at 10:16 pm

    saya malah sering klewat mbakk….*piye tho, katana pengen jadi ahli surga, bukkk!! nimpuk diri sendiri*

  7. January 9, 2009 at 8:32 am

    @ soerdjak & nA
    Gpp kelewat. “Better late than never”, gitu kata pepatah nya wong Londho.
    Asyiiik seneng nih bisa berbagi ilmu kalo ada yang belum tau.
    Pasti sekarang Guru Besarku (mas Abid) dapet pahala gedhe coz dakwahnya bisa nyampe ke semua orang:mrgreen:


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: