04
Feb
09

Istilah Bahasa

Tadi malem tuh, seperti biasa acara ngapelnya diisi dengan becanda, ketawa-ketawi, cerita-cerita (aku yang paling hobi cerita, sampe² Masku ini bilang katanya aku tuh cocok bgt kalo jadi guru TK. Lha wong hobi kok cerita?? Yang dicritani tuh sampe bosen (kaleeee….). Hihihi…. :mrgreen: (jujur aza deh Babe, iya kan??). Mumpung aku agak nyadar nih…

Nah, berawal dari cerita² itu aku tuh bilang kalo di alun² kota kelahiranku tercinta (Tulungagung City) punya yang namanya air mancur. Kan seperti motonya Tulungagung bersinar. Bersih, sehat, indah dan menarik. Alun² kotaku ini baguuus banget. Sayang aku gak punya photonya, so gak bisa aku pamerin nih ke dia. Penataan tamannya bener² Te-O-Pe Be-Ge-Te, ditambah ada air mancur ditengah², menjadikan alun² kota Tulungagung semakin cantik. Gresik mana ada gituan?? Wong air aja langka. Hahahaha…

Trs mulai deh dia protes. Gak terima kotanya di gituin. Dia cari² alasan supaya aku kalah. Dia bilang kalo tuh namanya bukan air mancur tapi air muncrat. Weits, air muncrat?? Lha iya, dia bilang lagi kan airnya dari bawah ke atas dengan ada tekanan yang kuat. Kalo air mancur tuh dari atas ke bawah. Gitu…..

Sebenernya kalo dipikir secara logika bener juga sih. Tapi di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mana ada air muncrat? Yang ada kan tetep air mancur. Iya kan? Sayang nih, aku dulu kuliahnya jurusan Sastra Inggris bukan Sastra Indonesia, jadi gak seberapa ngerti yang gituan🙄

Mungkin istilah² ini kadang jadi lucu ya kalo bener ada yang namanya air muncrat. Tapi temen²ku semua, sebagai perbandingan di Malaysia tuh istilahnya juga agak lucu² gitu lho (jika dibandingkan dengan bahasa Indonesia). Padahal bagi mereka jelas gak lucu sama sekali. Istilahnya hampir sama coz mungkin karena kita memang satu rumpun, Melayu, gitu ya??

Nih, aku kasih contoh² istilah bahasa Indonesia VS Malaysia:

INDONESIA : Rumah sakit bersalin
MALAYSIA : Hospital korban lelaki  (bener jg sih…)

INDONESIA : Kementerian Hukum dan HAM
MALAYSIA : Kementerian Tuduh Menuduh

INDONESIA : Kementerian Agama
MALAYSIA : Kementerian Tak Berdosa  (oh please…)

INDONESIA : Angkatan Darat
MALAYSIA : Laskar Hentak-Hentak Bumi

INDONESIA : Hantu Pocong
MALAYSIA : Hantu Bungkus

INDONESIA : Angkatan Udara
MALAYSIA : Laskar Angin-Angin

INDONESIA : Pasukan bubar jalan !!!
MALAYSIA : Pasukan cerai berai !!!

INDONESIA : Merayap
MALAYSIA : Bersetubuh dengan bumi

INDONESIA : Telepon selular
MALAYSIA : Talipon bimbit

INDONESIA : Pasukan terjung payung
MALAYSIA : Aska begayut

INDONESIA : Belok kiri, belok kanan
MALAYSIA : Pusing kiri, pusing kanan

INDONESIA : Departemen Pertanian
MALAYSIA : Departemen Cucuk Tanam

INDONESIA : 6.30 = jam setengah tujuh
MALAYSIA : 6.30 = jam enam setengah

INDONESIA : Gratis ngobrol 30menit
MALAYSIA : Percuma berbual 30minit

INDONESIA : Tidak bisa
MALAYSIA : Tak boleh

INDONESIA : WC
MALAYSIA : Tandas

INDONESIA : Satpam
 MALAYSIA : Penunggu Maling

INDONESIA : Aduk
 MALAYSIA  : Kacau

INDONESIA : Di aduk hingga merata
MALAYSIA  : Kacaukan tuk datar

INDONESIA  : 7 putaran
MALAYSIA  : 7 pusingan

INDONESIA : Imut-imut
MALAYSIA : Comel benar

INDONESIA : Pejabat negara
MALAYSIA : Kaki tangan negara

INDONESIA : Bertengkar
MALAYSIA : Bertumbuk

INDONESIA : Pemerkosaan
MALAYSIA : Perogolan

INDONESIA : Pencopet
MALAYSIA : Penyeluk Saku

INDONESIA : Joystick
MALAYSIA : Batang senang

INDONESIA : Tidur siang
MALAYSIA : Petang telentang

INDONESIA : ONANI
MALAYSIA : Tarik – Dorong Kelamin

INDONESIA : Air Hangat
MALAYSIA : Air Suam

INDONESIA : Terasi
MALAYSIA : Belacan

INDONESIA : Pengacara
MALAYSIA : Penguam

INDONESIA : Sepatu
MALAYSIA : Kasut

INDONESIA : Ban
MALAYSIA : Tayar (diambil dari cara baca tulisan Tyre dalam english)

INDONESIA : Remote
MALAYSIA : Kawalan jauh

INDONESIA : Kulkas
MALAYSIA : Peti sejuk

INDONESIA : Chatting
MALAYSIA : Bilik berbual

INDONESIA : Rusak
MALAYSIA : Tak sihat

INDONESIA : Keliling kota
MALAYSIA : Pusing pusing ke bandar

INDONESIA : Tank
MALAYSIA : Kereta kebal

INDONESIA : Kedatangan
MALAYSIA : Ketibaan

INDONESIA : Bersenang-senang
MALAYSIA : Berseronok

INDONESIA : Bioskop
MALAYSIA : Panggung wayang

INDONESIA : Rumah sakit jiwa
MALAYSIA : Gubuk gila

INDONESIA : Dokter ahli jiwa
MALAYSIA : Dokter gila

INDONESIA : Narkoba
MALAYSIA : Dadah

INDONESIA : Pintu darurat
MALAYSIA : Pintu kecemasan

Nah, masih banyak lagi yang lainnya. Buat selingan aja ya ini. Tapi sumbernya bisa dipertanggungjawabkan loh… Bagaimanapun juga serupa tapi tak sama. Perbedaan itu indah lho. Buktinya si Asraf ma BCL bisa menikah diatas perbedaan culture (wah, kok jadi ngomongin gosip nih). Dasar ibu²!!! Harap maklum ya semuanya….🙂


18 Responses to “Istilah Bahasa”


  1. February 4, 2009 at 12:18 pm

    Inspiratif sekali… terus berkarya mbak…

    Salam sukses!!

  2. February 4, 2009 at 1:03 pm

    Makasih ya Mas Tri…
    Waduh, senengnya dah mau mampir kesini….
    Situsnya mas Tri Te-O-Pe Be-Ge-Te…
    Salam sukses juga…

  3. February 4, 2009 at 1:29 pm

    Hahahahahaha… ternyata lucu + aneh juga kalo diperhatiin bahasa Indonesia vs Malaysia.. hihihihihihihihi

  4. February 4, 2009 at 4:28 pm

    Yupz betul. Rasanya janggal gitu ya…
    Tapi mungkin orang Malaysia kl denger bahasa Indonesia juga aneh gini ya.
    Hihihihihi🙂

  5. February 5, 2009 at 6:08 pm

    INDONESIA: Dokter ahli jiwa
    MALAYSIA: dokter gila

    INDONESIA: dokter spesialis jiwa
    MALAYSIA: dokter gila bener (he..he…)

    Btw, keren postingannya. Amat menghibur mbak. Bener, perbedaan itu indah. Misalnya, perkawinan antara orang Gresik dan Tulung Agung
    *Dijitak gagang talipon*

  6. February 6, 2009 at 8:11 am

    Hi.. Nice post.. Thanx for droppin by my blog.. Do keep in touch.. Tak care mate.. Cheers!!!

  7. February 6, 2009 at 10:06 am

    @ Hejis
    Walah, kera ngalam ini emang bisaaaaa ajah bikin orang senyum².
    Anyway busway, disini gak ada gagang taliponnya.
    Ntar mlm wae (kan pas tuh Jumat wage kaya nama Mas Wagino) hantu bungkus ku dateng ke rumah Oom Heru di Ngalam sono. Iiiiiih…ihhhh…ihh……

    @ starbozz
    Bro, i hope we can keep our ralathionship together.Oke??
    (ngemeng epe si Wahyu ini🙄 )

  8. February 6, 2009 at 10:50 am

    whekekekeekek…. bahasa malaysia itu aneh ya? padahal kalo kita jd orang malaysia pasti jg mikirnya bahasa indon itu aneh:mrgreen: ak punya kenalan blogger anak malaysia, dia srg ngetag2 *kasih Award, PR dan sebagainya* tp sayangnya aku srg ga nyambung sm apa yg dia maksud lah dia ngemengnya pakai bahasa malaysia:mrgreen:

  9. February 6, 2009 at 11:03 am

    Aku bangga menjadi orang Indonesia
    lebih indah bahasanya🙂

  10. February 6, 2009 at 11:10 am

    @ INDAHREPHI
    Ini masih bahasa Ind VS Malaysia mbak. Blm lagi bahasa Ind VS Papua, Timor-Timur, Brunei…
    Tambah lama mikirnya🙄

    @ achoey
    Bahasa Indonesia lebih artistik ya mas. Hidup Bahasa Indonesia!!!

  11. February 6, 2009 at 11:21 am

    mereka wong malaysia juga mungkin ngetawain lihat perbandingan bahasa diatas

  12. February 6, 2009 at 11:50 am

    Yang ngerasa orang Malaysia, “piss men!”

  13. February 6, 2009 at 4:11 pm

    INA: MENTERI KEHUTANAN
    MAS:MENTERI SEMAK BELUKAR
    INA:KORBAN
    MAS:MANGSA
    Bagi kita mmg cukup aneh n lucu ya..? Salam kenal..

  14. February 9, 2009 at 9:43 am

    @ jiwakelana
    Salam kenal balik mas…
    Makasih ya udah mampir!!

    @ sunarnosahlan
    Hidup Bahasa Indonesia!!!
    Merdeka!!
    (Gitu ya mas? Semangat ’45 bgt nih):mrgreen:

  15. March 1, 2009 at 1:10 am

    5 tahun kemudian, bacanya dari bawah……..hehehehe…pinter kamu Wahyu. Hhahahaha….

  16. March 1, 2009 at 1:11 am

    eh….aku salah masuk komen nya yah ?
    hihihi sori……… mestinya komentarin si Lusi AB3

  17. March 2, 2009 at 9:09 am

    Iya nih mas, salah kamar…
    Kl yang Lusi disini= https://wahyuapriani.wordpress.com/2009/02/09/sebelum-en-sesudah-menikah/
    Tapi gpp deh…, untuk mas Willy apa sih yang nggak???
    Hehehehe:mrgreen:


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: