Posts Tagged ‘puasa

07
Jan
09

Puasa Asyura

Hayooo, pada tahu gak kalo hari ini tanggal 10 Muharam? Hari ini bertepatan dengan puasa Asyura lho..

Puasa Asyura?? Apaan tuh? Weits tenang say, aku juga baru taunya kemarin kok (wah, tanda² orang belum punya bekal di akhirat nih 🙂 ).

Puasa ‘Asyura adalah puasa yang dilakukan setiap tanggal sepuluh pada bulan Muharram. Hukum nya sunnah tapi ada pula yang berpendapat yakni Abu Hanifah bahwa pada awalnya diwajibkan kemudian dihapus.

Puasa Asyura biasa dilakukan oleh kaum Yahudi. Berani bertaruh gak hari ini Israel pasti gak melancarkan gencatannya ke Palestina. Khusus hari ini thok. Kan mereka pada puasa. Kalo puasa kan gak boleh ada peperangan?? Asyiiiik, peace man!!! Coba kalo seterusnya gitu ya???

Nah untuk membedakan dengan kaum Yahudi maka ada hadis yang mengatakan “Puasalah pada hari Asyura dan berpuasalah sehari sebelum dan setelahnya dan janganlah kalian menyerupai orang Yahudi“. So kalo hari Asyura nya jatuh pada tanggal 10 Muharam maka sebelum dan sesudah tanggal itu yakni tanggal 9 atau 11 kudu puasa selain tanggal 10 itu sendiri.

Pasti deh ada yang tanya² dalam hati, kenapa sih kudu puasa pada hari Asyura ini?
Jawabannya karena hari Asyura adalah hari special. Pada hari tersebut terjadi beberapa kejadian yang baik, diantaranya :
1. Selamatnya Musa alaihissalam dan para pengikutnya serta tenggelamnya musuh Allah, Fir’aun beserta kaumnya.
2. Mbah Adam dan Ibu Hawa bertemunya juga pada hari Asyura ini sehingga ada kita² ini lho, cucu² mereka….
3. Begitu juga terjadinya beberapa tanda-tanda kebesaran Allah terhadap makhluknya, sesuatu yang layak untuk di syukuri.

Hmmm, gimana? Dah pada paham belum semua? Aku kemarin dapet materi kuliah subuh tentang Puasa Asyura ini dari Mas Abid lho. Wekekeekek… Pertamanya juga plonga-plongo thok. Baru tau sekarang 😛 . But, dia dengan sabar menuntunku menuju jalan yang benar (Emang selama ini nyasar ya jalannya bu? Maklumlah baru beberapa bulan di Gresik belum hapal jalan. Hehehehe… 🙂 )

18
Nov
08

Pagi yang tidak menyenangkan!!!

Huh, pagi ini kok semua gk sesuai keinginan sih…
Aku td bangun pagi jam 5.30 kebelet BAK. Mata nih jan se nguantuuk bgt kudu merem eh kebelet BAB pisan. Sambil ngantuk² akhirnya melakukan kebutuhan ini (kebutuhan yang tdk bs ditunda kata Imam, temenku kul Akta. Malah tadi hampir njlungup, saking masih ngantuk’e. Hehehe..)
Hbs itu tdran sebentar (niatnya mo tdr lagi) tp temenku Rina dah telp ngajak nggosip pg². Jam 6.15 mo tdr lagi, eh si Babe yang gantian ngabsen.

Hbs gt bangun deh, dia dateng ngasih berkas lamaran CPNS (bukan ngasih sarapan lho) coz dia tau aku lagi puasa nyaur utang selama seminggu ini, kudu berurutan harinya gk boleh bolong (maksudnya nih utang puasa ramadan, utang puasa nadzar, utang puasa selametan bisa putus sm Uda. Wekekekeke…). Sekalian puasa sapa tau dapet kerja yg lebih bagus bisa keterima CPNS. Amin… Tp yang paling penting kayaknya ini puasa tirakat deh, coz jan bener² gk pny uang. Udah abis-bis… Huhuhuhuu.. Sambil menyelam minum air, sekali mendayung 1000 pulau terlampaui.

Ya udah balik yang td lg, berangkat k kntr, nyetrika baju dl (di almari ku gk ada baju blas, blm disetrika semua, se muaaaless bgt). Begitu nyampe kntr br ngeh, kl hr ini kompakan pake bj merah² (secara Telkomsel gt loh…). Kmr sore sblm plg sebenernya dah dikasih tau, tp kok yo ra inget blas to yo.. Mau nitip si Babe ngeprint foto jg lupa, pdhl td pg dah kekosan.   (Hiks, aku jan pikun tenan ki..)
Akhirnya plg lg deh ngajak mbak rini ganti bj. Begitu dah ganti mo balik lg k kntr, sampe di tengah jalan, weits, helm ku keri alias ketinggalan. Ya Allah, subhanallah…

Apa aku perlu periksa k dokter ajah ya..
Wong kok lalian gini sih? Sangat merugikan diriku sendiri. Takutnya jg ntar merugikan orang lain. Wong si Babe lek lalian aja mesti tak marahi. Jangan² aku kuwalat sm dia..
Huhhuhuhu….